Translate

Jumat, 25 Oktober 2013

Mencari Kelompok Telur di Sawah Sekitar Kampus

Tugas dari mata kuliah Hama dan Penyakit Tanaman Pangan dan Hortikultura (PTN307) 3(2-3)
Seperti sudah menjadi tradisi, setiap akan ujian, entah itu UTS ataupun UAS akan ada tugas yang menjadi tiket masuk ujian MK. bersangkutan. Kali ini, MK. HPT Pahort (begitu kami menyingkatnya) memberikan tugas kepada mahasiswa Proteksi Tanaman, khususnya angkatan 48 untuk mencari kelompok telur Arthropoda di sawah dekat kampus. kemudian telur yang didapat itu dipelihara selama satu minggu dan diamati apa yang terjadi.

Pagi ini, Sabtu 26 Oktober 2013 aku bersama 2 orang teman dari PTN (Selvia Wulan Hajijah dan Siti Rizkah Sagala) pergi mencari kelompok telur tersebut. Lokasi yang pertama kami kunjungi adalah Sawah Baru dekat Duta Berlian. Berdasarkan informasi yang kami dapatkan, sawah tersebut milik Departemen Agronomi dan Hortikultura. Ketika sampai di lokasi yang dimaksud, tidak ada satu petak pun sawah yang kami temui, yang ada hanya hamparan pertanaman singkong, dan gulma-gulma yang tingginya melebihi tinggi manusia, akhirnya kami memutuskan untuk pindahh lokasi, dan dipilihlah ICDF.

 Siti Rizkah Sagala
 Aku :)
Selvia Wulan Hajijah

Sesampainya di ICDF, kai melihat ada seorang Ibu yang tengah mengolah sawahnya. Begitu kami menghampiri Ibu tersebut katanya sedang "Ngoyos" supaya tanahnya bagus buat padi. Yaaa aku cukup mengerti apa yang dimasud Ibu tersebut, namun kedua temanku yang lain nampaknya agak bingung :D

Akhirnya kami diizinkan untuk menuruni sawah milik Ibu tersebut, dan kami pun langsung terjun ke sawah yang dimaksud. bleess, kaki kami mulai menuruni sawah, Alhamdulillah tanahnya agak sedikit keras, jadi kaki kami tidak terbenam lumpur sawah.
inilah aksi kami saat mencari kelompok telur di sawah... ^_^








Sejak pukul 6 pagi kami menyusuri sawah, namun sampai pukul 7 belum juga mendapatkan kelompok telur yang dicari. Namun kami tidak putus asa, akhirnya pencarian terus dilanjut sampai akhirnya kami dapat banyak kelompok telur itu.
Ini beberapa kelompok telur yang didapat

Sawah yang kami kunjungi ternyata masih dalam fase vegetatif, jadi belum ada yang berbulir. Ada beberapa serangga hama, predator, bahkan parasitoid disana. Serangga hama seperti Belalang (Acrididae, Orthoptera), Wereng batang cokelat (Nilaparvata lugens, Delphacidae, Hemiptera), penggerek batang padi (Scirpophaga innotata, Crambidae, Lepidoptera), Kepik (Coccinellidae, Hemiptera), Predator Tomcat (Paederus sp.,Staphylinidae, Coleoptera), Semut (Formicidae), Lalat, Nyamuk, Capung, dll.
 Belalang
 Penggerek Batang Padi

Kepik

Setelah kelompok telur berhasil di dapatkan, saatnya pulang. karena batas waktu peminjaman motor pun sudah habis :D
Semoga telur yang didapat bisa membantu nilai MK. HPT Pahort, Aamiin yra. ^^

2 komentar:

  1. Linaaa, foto2nya banyak bgt, kan maluuu, hihihi :*

    BalasHapus
  2. waaah,, jadi nostalgia nih lin wkwkwkwk

    BalasHapus